Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Visi dan Misi

VISI 2019

Menjadikan Program Studi PPKn yang Berkualitas, Berkarakter, Unggul, Profesional dan Maju 

MISI

Mempersiapkan Calon Sarjana PPKn yang mampu:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkarakter dan profesional, serta mempunyai kompetensi untuk menjadi guru PPKn bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, bertanggung jawab, berwawasan kebangsaan, memiliki keterampilan sosial dan mampu berkompetisi di pasar kerja global.

  2. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam rangka mewujudkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru PPKn.

  3. Membangun program studi PPKn yang dinamis, sehat dalam rangka penguatan tata kelola program studi yang partisipatif, transparan, akuntabel, bermoral dan religius.

  4. Menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam upaya mengembangkan institusi dan sumber daya manusia (lulusan) dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan bidang PPKn.

TUJUAN

Tujuan Program Studi PPKn IKIP-PGRI Pontianak bertujuan:

  1. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang profesional, berkarakter dan berjiwa kebangsaan, memiliki wawasan keilmuan dan kemampuan pembelajaran yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tuggal Ika, dan NKRI.

  2. Menghasilkan tenaga pendidik Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memenuhi standar kompetensi guru (kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, sosial) dan kompetensi teknologi serta berdaya saing tinggi.

  3. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dengan kemampuan keterampilan legislasi, kontrak hukum dan jurnalistik, sehingga dapat bekerja secara professional.

  4. Menghasilkan tenaga guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk semua jenjang pendidikan dalam menunjang sistem pendidikan nasional.

  5. Menghasilkan lulusan yang dapat memajukan dan menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan, memilki keterampilan sosial yang unggul dan berdaya saing tinggi serta berkualitas global.

  6. Menghasilkan penelitian dan kajian-kajian ilmiah serta pengabdian pada masyarakat yang berhubungan dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hukum, politik, dan sosial, yang berlandaskan etika akademis.

  7. Menyelenggarakan kerja sama dan membangun kemitraan dengan instansi pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam upaya penerapan dan pengembangan keilmuan di dalam kehidupan berrmasyarakat.

  8. Berperan aktif dalam emberikan layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

  9. Mengembangkan jejaring (networking) dalam upaya penyebarluasan informasi keilmuan kependidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui pemanfaatan sistem informasi dan teknologi (IT).


Sasaran

Untuk mewujudkan tujuan program studi pada tahun 2019, prodi PPKn telah menetapkan sasaran sebagai berikut:

  1. 85% mahasiswa lulus 4 tahun dan memiliki IPK rata-rata 3,00.

  2. Seluruh mahasiswa yang lulus dapa melakukan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran PPKn.

  3. Seluruh mahasiswa dapat mengembangkan kurikulum pembelajaran PPKn.

  4. Seluruh dosen dan mahasiswa aktif menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah dalam seminar atau jurnal ilmiah nasional.

Strategi Pencapaian

Untuk mewujudkan tujuan program studi pada tahun 2019, prodi PPKn telah menetapkan strategi pencapaian sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkualitas agar menghasilkan pendidik yang profesional, unggul dan inovatif. Dengan langkah-langkah:

  2. Menyusun spesifikasi progran studi,

  3. Melaksanakan Tri Darma Perguruan tinggi dengan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.

  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap komponen pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

  5. Pengkajian kurikulum secara berkelanjutan sesuai dengan perkembangan jaman dan masukkan dari seluruh stakeholder.

  6. Menyelenggarakan kelompok-kelompok studi bagi mahasiswa seperti olimpiade, kewirausahaan, program kreativitas mahasiswa (PKM) dan lain sebagainya.

  7. Menyelenggarakan pelatihan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa.

  8. Peningkatan mutu manajemen dan organisasi internal institusi.

  9. Perluasan dan peningkatan mutu dosen melalui tugas belajar ke jenjang doktoral.

  10. Peningkatan prestasi dan kesejahteraan mahasiswa melalui berbagai program beasiswa.

  11. Mengembagkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi lainnya dibidang pendidikan