Pendidikan Geografi Sarana Prasarana

PROFIL LABORATORIUM 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI 

IKIP-PGRI PONTIANAK TAHUN 2015

  • LATAR BELAKANG

Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi dirancang lebih mengarah pada  terbentuknya kompetensi profesional calon pengajar dan pendidik yang menguasai ilmu dan pengetahuan geografis.  Dengan demikian, maka Program Studi Pendidikan Geografi mengusahakan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengajar pengetahuan kebumian secara holistik, dan bukan sekedar teori melainkan juga memahami dan mampu menunjukkan fenomena geografis secara nyata dan empiris pada anak didik mereka nantinya untuk membuka wawasan seluas mungkin.  

Laboratorium Program Studi Pendidikan IKIP-PGRI Pontıanak merupakan salah satu sarana untuk meiatih mahasiswa dalam menguasai keterampilan dasar mengamati, memahami, cara kerja fenomena geografis dari semua aspeknya secara tepat dan berdasar pemahaman dan metode berfikir yang relevan. Dengan demikian terdapat tuntutan  untuk dapat menyelenggarakan dan menyediakan berbagaimacam pelatihan dan praktikum Geografi.

Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak berdiri pada tahun 2010. Pada tahun 2010, Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi  IKIP-PGRI Pontianak baru memiliki  satu ruangan laboratorium. Saat ini sarana dan prasarana Laboratorium Prodi Kependidikan Geografi sedang berbenah untuk peningkatan dan mulai menggunakan sistem pengelolaan dokumentasi praktikum.

Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dikelola oleh beberapa Dosen  Tetap IKIP-PGRI PONTIANAK. Pengelola Laboratorium Prodi Pendidikan  Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK berjumlah 11 (sebelas) orang, yaitu Ketua Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK, Kepala Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK, dan Dosen mata kuliah praktikum Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK.

Sejalan dengan berkembangnya IKIP-PGRI PONTIANAK sebagai institusi pendidikan tinggi, maka diperlukan sebuah Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi yang menunjang visi dan misi IKIP-PGRI Pontianak. Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK berperan untuk mendukung dan menunjang pengembangan kurikulum dalam wujud penyediaan pelatihan dan praktek Pendidikan Geografi yang tepat, dan akurat yang berhasil guna untuk peningkatan kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Geografi  IKIP-PGRI PONTIANAK.

Pengelola Laboratorium ditunjuk langsung oleh Ketua IKIP-PGRI PONTIANAK. Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK berlokasi di jalan Prof. Dr. M. Yamin, Gang Ilham Pontianak. Laboratorium ini memiliki tiga ruangan, ruang pertama digunakan sebagai kantor pengelola laboratorium, ruang ke dua adalah ruang praktikum Sistem Informasi Geografi dan Kartografi, dan ruang yang ketiga adalah untuk praktikum beberapa matakuliah praktikum lainnya.

Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK sebagai Unit Pelaksana Teknis mempunyai tugas memberikan layanan praktikum dan pelatihan bagi mahasiswa. Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi direncanakan dan dikembangkan untuk dapat mewujudkan pelaksanaan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan (Research & Development) dan pengabdian pada masyarakat. Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi juga direncanakan membuka layanan untuk masyarakat dan sekolah-sekolah untuk pelatihan pengembangan pengajaran Geografi dan juga SIG (Sistem Informasi Geografi). Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi dari IKIP-PGRI PONTIANAK, yaitu menjadi tenaga pendidik yang berkualitas sebagai pusat penyiapan tenaga guru yang cerdas, komprehensif dan kompetitif.

Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi menjadi sarana yang sangat vital dalam membantu proses belajar mengajar. Oleh karena itu seyogyanya mahasiswa dan dosen:

Mengetahui dan menyadari akan manfaat latihan dan praktikum Geografi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar.

Mampu mendayagunakan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dengan efektif.

Mampu menggunakan hasil praktikum sebagai sarana belajar, refleksi dan evaluasi baik bagi mahasiswa maupun dosen.

VISI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI  IKIP-PGRI PONTIANAK

"Menjadi Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi yang mampu membekali keterampilan, pemahaman ilmu kebumian dan geografis  mahasiswa baik di kependidikan sekolah maupun di luar sekolah (masyarakat)".

MISI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP-PGRI PONTIANAK

Misi pendidikan, yaitu mendidik mahasiswa untuk menjadi calon pendidik terampil dalam mengaplikasikan dan mengajarkan ilmu wawasan ke-geografi-an di sekolah dan luar sekolah/masyarakat.

Misi Pengembangan, yaitu membantu mahasiswa menjadi calon pendidik dan pengajar Geografi  yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa sebagai calon pengajar dan pendidik ilmu geografi di sekolah maupun di luar sekolah.

Misi Pengentasan Masalah, yaitu membantu melatih mahasiswa dalam mengatasi masalah dan memfasilitasi kebutuhan anak didik dalam mengenal geografis, beserta konsep-konsep dasar keruangan serta permasalahannya.

FASILITAS

Untuk memfasilitasi berbagai aktivitas, ruang laboratorium dirancang untuk dapat melakukan berbagai aktivitas praktikum dengan masing-masing peralatannya. Adapun fasilitas dan perlengkapan tersebut dapat digunakan untuk:

Praktikum Geografi Tanah

Praktikum Geologi dan Geomorfologi

Praktikum Meteorologi dan Klimatologi

Praktikum Penginderaan Jauh

Praktikum Kartografi

Praktikum Hidrologi

Praktikum Sistem Informasi Geografi

Praktikum Astronomi/Kosmografi

Alat dan Bahan Penunjang Praktikum

pH meter, Altimeter, Thermometer

Panci Penguapan Mini, Penakar Hujan Mini

Blok Patahan dan Lipatan

Anemometer, Kompas, Soil Test Kit

Globe, Teleskop

GPS, Peta RBI, Kompas

Lup, Stereoskop, FU, Citra

Bor tanah

Batuan Contoh

CD Pembelajaran

Mangkuk Penghalus

Ruang Laboratorium


AKTIVITAS DI LABORATORIUM PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Laboratorium Pendidikan Geografi digunakan untuk berbagai aktivitas sebagai berikut.

Praktikum Geografi Tanah

Praktikum Geologi dan Geomorfologi

Praktikum Meteorologi dan Klimatologi

Praktikum Penginderaan Jauh

Praktikum Kartografi

Praktikum Hidrologi

Praktikum Sistem Informasi Geografi

Praktikum Astronomi/Kosmografi

Eksperimen inovasi alat peraga/ media pembelajaran/ simulasi fenomena Geografis.

 

Kegiatan Praktikum di dalam Ruangan Laboratorium

TUJUAN LABORATORIUM PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI PONTIANAK memiliki tujuan:

Meningkatkan pemahaman mahasiswa dan dosen terhadap fungsi laboratorium.

Meningkatkan pemanfaatan dan nilai guna dari sarana dan prasarana

Meningkatkan kualitas dosen sebagai pengampu mata kuliah praktikum

Meningkatkan pelayanan, penyediaan, perawatan alat, serta penyelenggaraan, praktikum bagi mahasiswa, dan dosen.

Meningkatkan pemeliharaan sarana dan prasarana laboratorium

Meningkatkan pelayanan, penyediaan alat, serta data geografi dan spasial

Meningkatkan fungsi dan guna laboratorium secara maksimal baik untuk kepentingan media pembelajaran, ataupun pengembangan ilmu pengetahuan.

Meningkatkan kinerja, dan prestasi untuk menjadi lebih profesional

Meningkatkan kerjasama baik dalam lingkup program studi, lembaga, maupun antar lembaga, dan instansi yang relevan.

Meningkatkan kualitas proses pembelajaran Pendidikan Geografi

FUNGSI LABORATORIUM PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Secara umum Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan latihan, informasi, pendidikan, dan pengabdian masyarakat.


STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI


Prof. Dr. H. Samion AR, M.Pd.

Rektor IKIP-PGRI Pontianak

Ajun Purwanto, S.Si., M.Pd

Ketua Prodi Pendidikan Geografi

Sekretaris Laboratorium

Wiwik  Cahyaningrum, S.Si., M.Pd

Dosen  Mata Kuliah Praktikum Prodi Pendidikan Geografi

Suherdiyanto, S.Pd., M.Pd

Ajun Purwanto, S.Si., M.Pd.

Mustofa, M.Pd

Wiwik Cahyaningrum, S.Si., M.Pd.

Yoga Prasetya A.N, S.Si., M.Pd

Agus Sudiro, M. Pd

Agus Suwarno, M. Pd

Rudiono, S.Pd., M.Sc

Eviliyanto, M.Pd

Dony Andrasmoro, M.Pd

Endah Evi Nurekawati, M.Pd

Mahasiswa

Rudiono, S.Pd., M.Sc

Kepala Lab. Prodi Pendidikan Geografi

Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd

Wakil Rektor I IKIP-PGRI Pontianak


Struktur Organisasi Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi sesuai dengan peran Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontıanak sebagai unit kerja pelayanan teknis di tingkat prodi. Selain itu berfungsi sebagai salah satu unsur kelengkapan pusat kegiatan akademis dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tınggi. Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontıanak dipimpin oleh seorang kepala bersama dengan pengelola lainnya, yang mempunyai keahlian khusus di bidang Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi. Kebijakan yang akan ditempuh disesuaikan dengan visi dan misi Program Studi Pendidikan Geografi. Pengelola secara fungsional bertanggungjawab kepada Ketua Prodi.

TUGAS DAN FUNGSI

Tugas dan Fungsi Pengelola maupun Dosen Pengampu Mata Kuliah Praktikum di Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontıanak adalah:

  • Pengelola Laboratorium Program Studi

  • Bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan praktikum dan praktik

  • Melakukan pendataan mahasiswa yang akan melaksanaakan praktikum dan praktik mata kuliah tiap semester.

  • Membuat jadwal pelaksanaan praktikum dan praktik.

  • Melakukan asistensi sebelum pelaksanaan praktikum dan praktik.

  • Melakukan pemantauan pelaksanaan praktikum dan praktik mata kuliah.

  • Melakukan pemantauan terhadap ujian praktikum dan praktik mata kuliah

  • Menetapkan nilai praktikum dan praktik.

  • Dosen Pengampu Mata Kuliah

  • Menentukan materi acara praktikum mata kuliah.

  • Melakukan evaluasi dan revisi terhadap modul penuntun praktikum dan praktik.

  • Bersama asisten praktikum mengecek kondisi alat yang digunakan dalam praktikum.

SUMBERDAYA MANUSIA

Dosen Pengampu mata kuliah praktikum adalah dosen Prodi Pendidikan Geografi yang berkualifikasi Pendidikan S2 Ilmu Geografi maupun Pendidikan Geografi. Adapun jumlah dosen mata kuliah praktikum adalah sebagai berikut: 

1.

Pendidikan S-3 bidang ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi

: 0 orang

2.

Pendidikan S-2 bidang ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi

: 11 orang

3.

Pendidikan S-1 bidang Ilmu Pendidikan Geografi

: 0 orang

JUMLAH

: 11 orang

                       

MATA KULIAH PRAKTIKUM

  • Mata Kuliah Praktikum di Prodi Pendidikan Geografi

Semester II

Semester IV

Semester VI

  • Kartografi Dasar

  • Geografi Tanah

  • Praktikum Geologi dan Geomorfologi

  • Praktikum Hidrologi

  • Sistem Informasi Geografis (SIG) Dasar

  • Kartografi/Praktek Pemetaan

  • Meteorologi Klimatologi

  • Praktikum Penginderaan Jauh

  • Kartografi Tematik

  • Sistem Informasi Geografis (SIG) Lanjut

DESKRIPSI MATA KULIAH

Kartografi Dasar

Praktikum ini mendukung tujuan kuliah ini untuk memberikan pengetahuan tentang peta dan teknik pembuatannya.  Materi yang dibahas meliputi definisi dan lingkup kartografi, sistem komunikasi kartografi,  skala  peta,  sistem koordinat geografi  (dasar-dasar proyeksi peta dan fungsinya), pengenalan  berba¬gai jenis peta, klasifikasi dan penggunaannya, generalisasi peta, simbolisasi, kerangka peta,  komposisi  data, dan dasar-dasar pembacaan peta.

Geografi Tanah

Praktikum ini berguna untuk pendukung pemahaman dalam pengertian tanah sebagai tubuh alam mandiri, komponen lingkungan, dan unsur geosfer, serta lingkup kajian tanah dalam geografi; Faktor-faktor dan proses pembentukan tanah; Sifat-sifat fisika tanah; Sifat-sifat kimia tanah; Sifat-sifat biologi tanah; Morfologi tanah; Dasar-dasar klasifikasi dan pemetaan tanah Dasar-dasar evaluasi lahan.

Praktikum Geologı dan Geomorfologi

Praktikum ini berguna untuk pendukung pemahaman dalam mempelajari definisi dan ruang lingkup geologi dan geomorfologi, kedudukan ilmu geologi dan geomorfologi dalam geografi; Teori pembentukan alam semesta; struktur bumi; Teori apungan benua dan teori lempeng tektonik; Struktur Geologi; Vulkanisme; Materi Penyusun kerak bumi, mineralogi, dan petrografi; Pelapukan, erosi, dan sedimentasi; stratigrafi dan sejarah geologi. Aspek dasar geomorfologi (morfologi, morfostruktur, morfokronologi, dan morfo aransemen; 9 prinsip dalam geomorfologi), serta kontribusi geomorfologi dalam ilmu geografi; Konsep bentuklahan: relief, struktur, dan proses; Faktor-faktor penentu proses geomorfologi: iklim, struktur, batuan, dan manusia (skala waktu Kwarter); Klasifikasi dan karakteristik bentuklahan atas dasar genesis.

Praktikum Hıdrologı

Praktikum ini berguna untuk pendukung pemahaman dalam mempelajari ruang lingkup/kajian hidrologi; Membahas tentang siklus hidrologi (proses hidrologi dan faktor yang mempengaruhi), neraca air pada berbagai system (sungai, tanah, danau/waduk, akifer, DAS); Proses transformasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi dan kasus-kasus pada hujan, evaporasi dan evapotranspirasi, air permukaan, airtanah, danau, dan dasar-dasar kualitas air.

Pengınderaan Jauh

Praktikum ini berguna untuk pendukung pemahaman dalam matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang penginderaan jauh yang meliputi perolehan data (data acquition) dan analisis data (data analyisis) penginderaan jauh. Pada perolehan data diuraikan cara perekaman citra dari wahana pesawat terbang (airborne sensing) dan dari satelit (spaceborne sensing), menggunakan kamera maupun scanner. Pada analisis data dijelaskan tentang perolehan data dari citra pengineraan jauh melalui interpretasi citra manual dan digital untuk perolehan data dan informasi geografi (obyek fisik dan buatan manusia) dan lingkungan. Data geografi yang diperoleh tersebut merupakan penyusun basisdata spasial wilayah. Aspek bisnis terkait penginderaan jauh dibincangkan untuk menambah wawasan entrepreneur mahasiswa. MK diberikan dalam bentuk team teaching, tanpa syarat MK lain sebelumnya.

Sistem Informasi Geografi Dasar

Praktikum ini berguna untuk pendukung pemahaman dalam tujuan kuliah ini untuk memahami Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai sarana kajian geografis dan wilayah. Adapun materi yang dibahas meliputi pengertian SIG, konsep spasial, konsep sistem informasi, sistem informasi spasial, input data, penyimpanan, proses dan manipulasi data (grafis, dan atribut), out put data (bentuk grafis, tabel,  dan kombinasi keduanya), integrasi data penginderaan jauh ke sistem SIG, dan aplikasi SIG untuk pemetaan, pemantauan dan pemodelan (evaluasi dan prediksi).

Sistem Informasi Geografi Lanjut

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah salah satu mata kuliah memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam seluk beluk penggambaran peta digital dengan menggunakan perangkat komputer. Mata kuliah ini sangat penting dalam disiplin ilmu geografi, sebab kajian ilmunya selalu dikaitkan dengan unsur spasial (keruangan). Kajian spasial akan sangat terbantu dengan bantuan teknologi Sistem Informasi Geografis.

Kartografi Tematik

Pemahaman tentang Sistem Informasi Geografi meliputi input data, penyusunan basisdata, analisis terhadap basisdata secara digital, aplikasinya di bidang lingkungan dan sumberdaya terkait pengelolaan wilayah dan penanggulangan bencana. Pemahaman peluang bisnis yang dapat dikembangkan terkait SIG. MK ini disajikan dalam bentuk team teaching, dengan praktikum intensif. Sebaiknya telah mengambil MK SIG I: Basisdata; Penginderaan Jauh Dasar, Kartografi Dasar.

Kartografi/Praktek Pemetaan

Kuliah ini membahas tentang: Kartografi membahas mengenai hakekat pemetaan, definisi kartografi dan peta sebagai media komunikasi, klasifikasi peta, konsep dan metode kartografi, skala peta, sistem proyeksi peta, generalisasi, simbolosasi, komposisi peta, penempatan dan penulisan nama-nama geografi, dasar-dasar konstruksi peta, dan dasar-dasar pembacaan peta.

Meteorologi dan Klimatologi

Meteorolgi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca serta fisika yang berlangsung di atmosfer dan ilmu pengetahuan yang mempelajari atau membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca serta fisika yang berlangsung di atmosfer. Klimatologi adalah cabang dari meteorologi yang mempelajari rata-rata gejala perubahan cuaca di atmosfer dalam jangka/kurun waktu yang sangat lama dan membahas gejala alam yang berkaitan dengan iklim dan kualitas udara.

GEDUNG

Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak  terlatak di Jl. Prof. Dr. M. Yamin/Jl. Ilham, Kota Baru Pontianak. Gedung Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi terdiri dari 3 ruangan:

Ruang Koordinasi Pengelola Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak.

Ruang Praktikum Penginderaan Jauh, Kartografi/Pemetaan, dan Sistem Informasi Geografi

Ruang Praktikum Geografi Fisik.

KETENTUAN PELAYANAN PENGGUNA LABORATORIUM

Pelayanan bagi pengguna khususnya mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasisvva aktif di IKIP-PGRI Pontianak harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Peraturan dan tata tertib mahasiswa Laboratorium Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak.

  • Pengguna Laboratorium

  • Semua mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dan mahasiswa semua prodi yang ada di IKIP-PGRI PONTIANAK, dosen-dosen yang mengampu praktikum Geografi.

  • Masyarakat di lingkungan IKIP-PGRI PONTIANAK.

  • Hak dan Kewajiban Penggunaan Laboratorium

  • Hak pengguna Laboratorium Pendidikan Geografi mendapatkan pelayanan serta menggunakan fasilitas Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi.

  • Kewajiban pengguna Laboratorium Pendidikan Geografi:

  • Setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi mengikuti praktikum wajib mengisi daftar hadir dengan menunjukkan kartu identitas (KTM).

  • Wajib mengikuti kegiatan praktikum secara tertib dan tuntas sampai praktikum selesai.

  • Setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi wajib menjaga kebersihan, ketenangan, ketertiban, keamanan, keindahan ruangan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi.

  • Setiap mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi yang mengikuti praktikum wajib bersikap sopan dan berpakaian rapi seperti berpakaian kemeja, tidak menggunakan kaos tanpa kerah, tidak memakai celana jeans, sandal, memakai perhiasan berlebihan, berambut gondrong dan beraroma badan tidak enak.

  • Larangan Pengguna Laboratorium

  • Mahasiswa yang mengikuti praktikum di ruangan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dilarang mencoret, merusak, mengambil peralatan dan perlengkapan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi.

  • Mahasiswa yang mengikuti praktikum di ruangan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dilarang membawa peralatan dan perlengkapan laboratorium tanpa izin Dosen Pengampu dan Pengelola Laboratorium.

  • Mahasiswa yang mengikuti praktik di ruangan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dilarang mengaktifkan handphone (silent), merokok, membawa makanan, minuman, senjata tajam, dan sejenisnya yang dapat membahayakan keselamatan orang lain di ruang laboratorium.

  • Mahasiswa yang mengikuti praktikum di Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dilarang membuat kegaduhan atau keributan, berkencan, dan tindak kriminal di dalam ruang laboratorium.

  • Sanksi Pelanggaran

  • Mencoret, merusak, mengambil peralatan dan perlengkapan milik Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi dikenakan sanksi harus mengganti.

  • Membawa peralatan dan perlengkapan milik Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi keluar ruangan tanpa izin dikenakan sanksi teguran dan peringatan.

  • Mengaktifkan handphone, merokok, membawa makanan, minuman, membuang sampah sembarangan, senjata tajam, kegaduhan, berkencan dan tindak kriminal lainnya dikenakan sanksi di skor selama 2 (dua) bulan tidak diperkenankan mengikuti praktikum.

  • Waktu Layanan

  • Senin – Kamis   :       Pagi      07.30 – 11.30

  • Sore     14.30 – 17.30

  • Jum’at                :       Pagi      07.30 – 10.00

  • Sore     14.30 – 17.30

  • Sabtu                  :       Pagi      08.00 – 11.00

  • Sore     15.00 – 17.00

Perencanaan Kegiatan Tahunan Laboratorium   PENDIDIKAN Geografi IKIP-PGRI Pontianak Tahun 2015

  • Meningkatkan sarana dan prasarana

  • Perluasan ruang Laboratorium Pendidikan Geografi

  • Penambahan jenis instrument

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia (SDM)

  • Mengikuti pelatihan dan pendidikan testing

  • Melakukan penilaian terhadap kinerja dosen praktikum

  • Memberikan insentif sesuai dengan praktikum yang dilakukna oleh dosen pengampu mata kuliah praktikum

  • Meningkatkan koleksi referensi

  • Penambahan jumlah referensi laboratorium

  • Meningkatkan jumlah hasil penelitian ilmiah dan jurnal ilmiah

  • Meningkatkan program layanan dan latihan Laboratorium Pendidikan Geografi

  • Meningkatkan hasil penelitian ilmiah dan jurnal penelitian

  • Menambah jumlah penelitian dan jurnal ilmiah dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi

  • Menerbitkan buku pedoman Laboratorium Pendidikan Geografi

  • Meningkatkan pelayanan laboratorium

  • Memberikan orientasi pengguna laboratorium

  • Menerapkan pelayanan laboratorium

  • Menyediakan layanan tes

  • Menyediakan layanan konsultasi

  • Meningkatkan pengelolaan organisasi dan administrasi

  • Inventarisasi perlengkapan dan peralatan Laboratorium Pendidikan Geografi

  • Penetapan tata kerja dan pembagian job description Laboratorium Pendidikan Geografi yang jelas

  • Meningkatkan kerjasama antar laboratorium di lingkungan IKIP-PGRI Pontianak dengan cara Resource sharing antar Laboratorium Program Studi Pendidikan Geografi (bertukar informasi antar laboratorium di lingkungan IKIP-PGRI Pontianak).

  • Meningkatkan hubungan dengan instansi dan organisasi terkait

  • Mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

  • Melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan sekolah mitra

  • Meningkatkan hasil kegiatan secara berkesinambungan

  • Mengevaluasi kegiatan-kegiatan laboratorium

  • Membuat hasil laporan tahunan

  • Melakukan tindak lanjut dari evaluasi kegiatan

PENUTUP

Profil Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak tahun 2015 yang telah diuraikan diatas, merupakan gambaran proses pelaksanaan kegiatan praktikum dan layanan yang dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak. Dengan adanya profil Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi ini, dapat digunakan sebagai pedoman kerja dan petunjuk pelaksanaan kegiatan praktikum berikutnya. Sehingga diharapkan dapat mempermudah keinginan semua pihak terhadap pelayanan Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi IKIP-PGRI Pontianak.